Taiwan sudah mulai memasuki musm gugur.  Suhu di pagi hari  ke siang bisa beda 10°c . Begitu juga dari siang ke malam. Bisa saja siang masih panas dan menjelang sore agak dingin. Pergantian musim  begini sering membuat sebagian orang yang daya tahan tubuhnya kurang fit mudah terserang batuk flu.

Saya pernah mengalami batuk berdahak. Jika malam batuk semakin menjadi dan tak henti-henti. Membuat susah tidur dan juga mengakibatkan urat bagian perut serasa kram karena otot berkontraksi terlalu keras. Sudah ke dokter 3 kali lalu ke pengobatan tradisional Cina. Batuk juga belum membaik.

Lalu seorang sahabat di daerah Hualien memberitahu, cara mengobati radang tenggorokan dan batuk berdahak yang ampuh. Karena bahan-bahannya di tempatku susah dicari maka dikirimnya lidah buaya dan nenas (nenas yang dalamnya warna putih dan rasanya agak asam)

Kita memang tahu nenas berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik, diuretik,  peluruh haid (emenagog), abortivum, peluruh dahak (mukolitik), dan pencahar (obat pencuci perut).
Sekali pun tak semua orang bisa mengkomsumsi nenas, seperti mereka yang hamil, rematik dan juga alergi (gatal). Untuk yang alergi dengan nenas bisa dengan cara merendam nenas sebentar di air garam.

Begitu juga khasiat lidah buaya terbukti menyimpan zat-zat penting seperti vitamin A, B1, B2, B3, B21, C, E, kolin, inositol, dan asam folat. Kandungan mineralnya adalah kalsium, magnesium, potasium, sodium, besi, zinc, dan kromium. Juga kandungan enzim yang semuanya amat penting bagi metabolisme tubuh. Lidah buaya pun ternyata memiliki kandungan beragam asam amino, yakni arginine, asparagin, asparatic acid, analine, serine, valine, glutamat, threonine, glycine, lycine, yrozine, proline, histidine, leucine, dan isoliucine.

caranya:

1.satu pelepah   daun lidah buaya ukuran besar. Dicuci, dikupas lalu potong kotak-kotak kecil. Masukan/rendam  ke air. Cuci. Lalu tiriskan.
2. Potong nenas menjadi dua bagian. Kupas. Lalu potong kotak-kotak kecil.

3. Gula batu

4. 3 mangkok air

Masukan Lidah buaya dan Nenas ke panci yang di dalamnya ada tiga mangkok air. Masak sampai air tinggal satu mangkok. Lalu masukan gula batu. (banyak gula batu tergantung suka manis atau tidak)

Dinginkan. Setelah itu minum.

selamat mencoba