Imlek (tahun baru) sudah dekat…! Bagaimana kita mempersiapkan diri untuk menyambutnya?

Tak perlu kemewahan, tapi yang penting kebersamaan dan kebahagian.

Tapi sebelumnya kita ketahui dulu bagaimana asal mula imlek itu sendiri .

Sumber : http://viharagirinaga.blogspot.com

Ada sebuah legenda kuno yang mengisahkan asal usul tradisi perayaan Imlek di Tiongkok, begini ceritanya :.

Dahulu kala ada seekor monster jahat yang memiliki kepala panjang dan tanduk yang tajam. Monster yang bernama /nian/ ini sangat ganas, dia berdiam didasar lautan, namun setiap tahun baru dia muncul kedarat untuk menyerang penduduk desa dan menelan hewan ternak. Oleh karena itu setiap menjelang tahun baru, seluruh penduduk desa selalu bersembunyi dibalik pegunungan untuk menghindari serangan monster /nian/ ini.

Pada suatu hari saat menjelang pergantian tahun, semua penduduk desa sedang sibuk mengemasi barang-barang mereka untuk mengungsi ke pegunungan, datanglah seorang lelaki tua berambut abu-abu ke desa itu. Dia memohon ijin menginap semalam pada seorang wanita tua dan meyakinkannya bahwa dia dapat mengusir pergi monster /nian/ ini. Tak ada satupun yang mempercayainya. Wanita tua ini memperingatkan dia untuk ikut bersembunyi bersama penduduk desa lainnya, tetapi lelaki tua ini bersikukuh menolaknya. Akhirnya penduduk desa meninggalkan dia sendirian di desa itu.

Ketika monster nian mendatangi desa ini untuk membuat kekacauan,
tiba-tiba dia dikejutkan suara ledakan petasan. Nian menjadi sangat
ketakutan melihat warna merah, kobaran api dan mendengar suara petasan itu. Pada saat bersamaan pintu rumah terbuka lebar lalu muncullah lelaki tua itu dengan mengenakan baju berwarna merah sambil tertawa keras. Nian terkejut dan menjadi pucat pasi, dan segera angkat kaki dari tempat itu.

Hari berikutnya, penduduk desa pulang dari tempat persembunyiannya, mereka terkejut melihat seluruh desa utuh dan aman. Sesaat mereka baru menyadari atas peristiwa yang terjadi. Lelaki tua itu sebenarnya adalah Dewata yang datang untuk menolong penduduk desa mengusir monster nian ini. Mereka juga menemukan 3 peralatan yang digunakan lelaki tua itu untuk mengusir /nian/. Mulai dari itu, setiap perayaan Tahun Baru Imlek
mereka memasang kain merah, menyalakan petasan dan menyalakan lentera sepanjang malam, menunggu datangnya Tahun Baru. Adat istiadat ini akhirnya menyebar luar dan menjadi sebuah perayaan tradisional orang Tionghoa yang megah dalam menyambut “berlalunya nian” (dalam bahasa Tionghoa, nian berarti tahun).

###

Sebelumnya, Aling mengucapkan “新年快乐” = “Xin nian kuai Le ” = “selamat tahun baru”, Gong Xi Fat Cai ! ,…. xin chun kuai le,…. xin nian hao….Selamat tahun baru imlek bagi yang merayakannya!😀

pic dari internet

pic diambil dari internet TW

Ini ada beberapa hal yang biasa dilakukan di Taiwan dalam menyambut hari-hari istimewa, dan kebiasan serta tulisan-tulisan mandarin itu selalu memiliki arti. Ngak boleh sembarangan…karena akan berakibat fatal buat mereka.

Saat malam imlek orang-orang Taiwan menyiapkan sayur dan buah untuk menyembah ” Pekong langit”, untuk mengucapkan syukur atas lindungan dan atas keselamatan, lalu menghidupkan mercon, meyatakan selamat tinggal pada tahun yang lalu dan menyambut Tahun Baru dengan gembira.

pic diambil dari  internet

pic dari internet

***Saat hari raya imlek pantun musim semi yang ditempelkan di rumah sering ditempelkan dengan kata terbalik pada kata-kata “musim semi (cuen)”, “rezeki (fuˊ)”, kedua kata ini “terbalik menjadi (tauˋ fan)”, artinya “musim semi sampai “(Cun Tau ˋ =musim semi datang)”, “rezeki sampai (Fuˊ Tau ˋ=rezeki sudah sampai)”.

pic diambil dari internet tw

Pada lukisan untuk hari raya imlek sering terdapat “bunga teratai (Lianˊ Hua)”, dan “ikan (Ieˊ)”

pic diambil dari internet

pic dismbil dari internet tw

Sehari sebelum imlek adalah hari yang sangat penting di Taiwan, pada malam ini seluruh anggota keluarga berkumpul untuk makan bersama yang disebut “WeiLu (weˊ Luˊ= Duduk berkeliling untuk makan bersama)”. Setiap makanan yang disajikan memiliki makna tertentu diataranya adalah :

-Sawi (cieˋ caiˋ )
Disini juga disebut sayur tahun yang panjang, sayur selamat , dimana sayur ini dimasak tidak mudah lembut, rasanya ada sedikit pahit, tapi lama-lama pelan akan terasa agak manis. Yang memiliki arti bersusah susah dahulu bersenang-senang kemudian ( Khuˇ Cingˋ Kan Laiˊ = Nasib buruk telah berlalu, nasib baik akan datang)

-Ayam
Bunyi ayam dalam bahasa Thayi (bahasa Taiwan ) bunyi hampir sama dengan bunyi rumah = [Keh], ayam adalah , makanan yang utama untuk dihidangkan, dan anggota keluarga laki-laki yang paling tua (kakek atau papa) mulai mencicipi ayam itu, dan berdoa untuk segenap anggota keluarga bermurah rezeki sepanjang tahun.

-Ikan
Adalah makanan yang tidak boleh absen, yang melambangkan sepanjang tahun ada sisanya [NienˊNien ˊYu ˇIeˊ], tapi ikan tak boleh habis dimakan, baru memenuhi syarat “ada sisanya “.

pic diambil dari internet

_saat imlek selalu menyediakan kue, misalnya kue tahun (Nien ˊKau) atau kue keranjang kalau Di Indonesia, Huat kue (Fa Kau )dll …yang arti bunyi kue ( kau ) dan tinggi (kau) sama. “(Nien ˊNienˊ Kau Sheng = Tahun-Tahun/Sepanjang tahun Menyenangkan)” , “Huat Kau” artinya mendapat rezeki.

pic dari internet

*Saat memberikan Angpau atau hadiah lebih suka angka genap atau kelipatan dari 6, artinya hal-hal yang baik itu jumlahnya genap ; hal-hal yang berduka cita dengan jumlah ganjil, seakan-akan artinya “hal semacam ini(duka) hanya sekali”.

pic diambil dari internet

*Saat imlek tidak boleh menyapu rumah kearah luar (boleh menyapu kearah dalam), membuang sampah, kalau tidak hartanya akan tersapu habis.

*Saat imlek juga tidak boleh memecahkan barang pecah belah (mangkok, piring dll), memarahi orang, menangis, karena dianggap bisa mengakibatkan nasib buruk ditahun yang akan datang.

*Pada hari kedua imlek , bagi kaum perempuan yang sudah menikah mereka harus pulang kerumah orangtua kandungnya, dan membawa oleh-oleh yang disebut “tentengan tangan [panˋsouˇ]” dan memberikan angpao pada anak-anak dirumah orang tua sendiri untuk menambah kebahagian imlek.

Semoga sepanjang tahun berbahagia….krisis cepat berlalu …seperti kata diatas Fat Cai…Fat Cai….😀😀😀😀😀