Hari ini jalan-jalan malam minggu kerumah sahabat-sahabat blogger, saya menemukan satu ilmu kesehatan yang sebenarnya sudah tak asing bagi sebagian orang yaitu mengenai manfaat tanaman hias, Kumis Kucing buat kesehatan, di blog Mas Dodi. Mau lihat tulisan asli …ya main-main kesana, melihat tanaman-tanaman lain yang bisa dijadikan obat ataupun jepretan alaminya, mengenai tumbuhan dan binatang,…. sekalian berkenalan dan menjadi sahabatnya πŸ˜€

Saya minta izin kepada mas Dodi untuk mengcopy dan kuposting di blogku ini, semoga ilmu yang berguna ini tesebar keseluruh orang yang memerlukannya. Thanks ya, Mas dodi buat ilmu-kesehatan alami dari blogmu.

pic diambil dari flickr

Ini ada beberapa resep pengobatan tradisional yang menggunakan pohon kumis kucing ini (Orthosiphon aristatus (B1) Miq.).

*Nyeri buang air seni :

Cara I: Seduh dan minum sejumput daun kumis kucing yang dikeringkan seperti teh, boleh juga kalau diberi gula aren.

Cara II: 1 sendok daun kumis kucing yang dilumatkan, 7 batang meniran, rebus dengan dua gelas air sampai air tinggal setengah. Minum air rebusan itu sebanyak 3x sehari.

* Batu ginjal :

Cara I: 25 g daun kumis kucing, 25 g daun ngokilo, 25 g daun meniran dengan akarnya, 25 g daun keji beling, dicuci. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Minum semua air rebusan itu dalam sehari. Cara II: 3 genggam daun kumis kucing, 5 helai daun keji beling dicuci, rebus dengan 2 gelas air. Minum airnya 2x sehari, pagi dan sore, selama 10 hari. Sesudah 10 hari, ganti dengan air rebusan jagung muda, 1 x sehari. Hindari makan daging kambing, durian serta makanan pedas.

* Rematik :

Sesendok kecil daun kumis kucing yang dilumatkan, 1 sendok makan daun meniran yang sudah dilumatkan juga, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal 3/4. Saring. Lalu diminum.

*Sakit pinggang :

7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing dicuci. Rebus dengan 1 gelas air. Biarkan satu malam, baru diminum.

* Radang ginjal :

40 helai bunga dan daun kumis kucing, 3 belimbing wuluh tua dicuci, dihaluskan. Seduh dengan 2 gelas air. Minum 3x sehari. Lakukan selama 1 minggu.

* Masuk angin :

1 sendok daun kumis kucing dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Diminum sekaligus.

* Demam :

100 g akar kumis kucing dicuci, rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring, dan ambil airnya. Minum air rebusan ini 1 gelas sehari.

Sumber: Warung Informasi Teknologi (Warintek)

* Susah kencing

Daun kumis kucing segar 1/4 genggam; Air 1 gelas, Direbus hingga memperoleh cairan 1/2 gelas, Diminum setiap hari 2 kali dan tiap kali minum 1/2 gelas

* Batu ginjal

Herba kumis kucing 6 g; Herba meniran 7 pohon; Air 110 ml, Dibuat infus, Diminum 2 kali sehari; tiap kali minum 100 ml

*Kencing manis

Daun kumis kucing 20 helai; Daun sambiloto 20 helai; Air 110 ml, Dibuat infus, Diminum 1 kali sehari; 100 ml

*Sakit pinggang

Daun kumis kucing segar 1 genggam; Kulit batang pepaya seluas 4 cm2; Air 110 ml, Dibuat infus, Diminum 1 kali sehari 100 ml

Sumber: Info Tanaman Herbal

Untuk langkah pencegahan dan pemeliharaan ORGAN GINJAL , kita dapat saja minum rebusan daun kumis kucing secara teratur dua kali seminggu, yaitu yang dibuat dari seperempat genggam daun segar direbus dengan segelas air hingga air tersisa setengah gelas.
Minumlah air rebusan itu sekaligus setelah diberi madu atau gula secukupnya sebagai pemanis, atau kalo suka tanpa penambahan apapun.
Sumber: LIKOMEDIA, Lembaga Pengembangan SDM