Hari ini, 23 Desember 2008, Taiwan kedatangan dua tamu istimewa yaitu sepasang PANDA yang diberi nama Thuan Thuan (nama panda yang laki-laki) dan Yen Yen (nama panda yang prempuan). Nama kedua panda itu jika digabungkan adalah Thuan Yen yang artinya berkumpul.

Negara Taiwan menghabiskan dana yang tidak sedikit, untuk membuat lokasi tempat tinggal kedua tamu istimewa ini, yang membuat iri binatang-binatang lain dikebun binatang di Taepei. Sebuah tempat yang mirip sekali dengan tempat asalnya.

Dan biaya makan dan perawatan kedua tamu istimewa ini, dalam setahun diperkirakan 36000000 Nts (waduh ,migreen….kurang lebih, Rp.12.158.000.000 kurs hari ini 1000Nts =Rp.360.000)

*mikir…coba buat beli beras untuk dibagi-bagi untuk orang miskin diIndonesia ya! ….kesiram seember air….mmmm sudah sadar…lanjut ceritanya nih πŸ˜† *

dan aku yakin harga bambu yang menjadi makanan utamanya akan naik dratis.

Semoga Thuan Thuan dan Yen Yen akan menjadi objek wisata yang menarik di Taiwan dan betah serta bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan disini.

Kedua tamu istimewa ini berasal dari CINA, hadiah dari negara Cina buat negara Taiwan, semoga bisa menandakan hubungan kedua negara ini bisa seperti arti nama kedua binatang spesial ini. Kuharap, hubungan Cina dan Taiwan bisa lebih baik.

Selamat datang , Thuan Thuan dan Yen Yen!

Catatan : Tulisan mungkin akan ada penambahan setelah saya dapat berita lain!