Didaerah Gukeng,Yun Lin,Bulan desember diperingati sebagai festival kopi.Selain terkenal dengan perkebunan kopi,Gukeng juga terkenal dengan perkebunan teh dan penghasil Sunkist.Banyak orang setiap hari nya,olah raga naik gunung disini .Daerah ini,udaranya masih sangat segar.Banyak juga hotel-hotel dan rumah makan serta cafe-cafe disini,dengan kebanyakan menu yang ditawarkan ada rasa kopi dan teh.Setiap hari sabtu dan minggu bertaburan,pedagang kaki lima dengan segala macam jenis barang yang ditawarkan.

Tapi bulan ini beda.karena bulan ini adalah bulan kopi.Menurut saya,festival ini diadakan adalah salah satu strategi penjual/pedagang untuk menarik pengunjung datang kesini.Hari ini ( 7 Desember 2008) ribuan orang mengunjungi tempat ini.

Ratusan kios disini.Dari menjual makanan,minuman ,permaianan,buku,ataupun kebutuhan rumah tangga,kebutuhan wanita seperti shall,tas dan lain-lain.Saya ambil beberapa contoh,kios yang menjual produk aneka barang.Siapa tahu bisa jadi inisitif bagi pedagang-pedagang kecil diIndonesia.

katus

Katus-katus..tak mau kalah memperlihatkan kemolekan dan keanggunannya,dengan berbagai macam warna,jenis dan bentuk.Sangat indah…seperti setaman katus.

pengendoran urat-urat

Disini ada tempat seperti pijit tapi mereka menamakan pelemasan /pengendoran urat-urat .Dengan minyak yang bahan dasarnya dari jahe.
saya sudah kenal baik dengan pemilik ini,karena tahun lalu tangan saya pernah keseleo,dan saya selalu kesini .Sekali pijit 200 Nt.

luncuran (permaianan)

Luncuran ini,dari plastik,setiap anak yang bermain tanpa batas waktu satu orang 80 NTs

permainan

Sekali putar kurang lebih 5 menit.Setiap orang 100 NTs.

permainan

Dengan memasuki koin 10 NTs. Ada 10 biji seperti kelereng yang keluar.Kita harus membuat satu garis,vertikal ataupun horizontal.dapat satu kupon.Kupon dapat ditukar mainan.

sulap

Ada juga pertunjukan sulap,saya hanya lihat sekilas,karena ngak terlalu tertarik.Dengan menggunakan kartu.

Penyanyi

Walah,penyanyi yang satu ini,juga ikutan menjual VCD,CD lagu-lagunya disini.Apakah Taiwan juga sudah ikut krisis berat?

Saya ngak tahu apa alasannya juga ikutan merameikan menjadi pedagang dengan menjual CD/VCD lagu-lagunya,langsung turun kelapangan.
Suaranya lumayan menarik.

Kuambil gambarnya saat dia lagi sibuk memperbaiki letak jambu air.Karena penjual disebelah kios yang disewanya adalah menjual jambu air.

alat penggoreng kacang tanah,listrik

Wah..ini untuk,pengoreng kacang tanah,dengan menggunakan kekuatan listrik sehingga bisa mengoseng ataupun berputar terus.Tapi tetap mengunakan gas.DiIndonesia belum ada kan? Siapa tahu bisa jadi ide!

asal mau,Tuhan pasti memberkati

Dari berbagai macam kios,tampak dibagian luar tepat kios-kios dipajang,ada satu hal yang menarik hati saya.Satu bapak tua,saya lihat duduk di kursi roda.Memainkan piono yang sangat enak didengar.tuhan memberinya sebuah talenta yang tak dimiliki orang biasa.Kalian tahu hanya satu tangan kanan ,agak pendek dari tangan kita dan hanya memiliki satu jari tengah.Tapi dia tidak meminta-minta,dia terus memainkan alat musiknya sehingga yang lalu lalang simpatik termasuk saya,karena merasa terharu,sekaligus merasa iba.Kulihat dentingan uang logam Taiwan satu persatu masuk kekotak didepannya.Untung masih banyak manusia,bisa iba dan mau berbagi dengannya,walaupun apa yang kita beri buat kita tak ada apa-apa,tapi bagi dia dan keluarga sangat berharga.

kopi bungkus

Banyak,kios-kios yang menjual kopi bubuk yang dikemas perkotak-kotak dengan berbagai merk.

minyakyang sudah dikemas dalam botol

Mesin pembuat minyak

pembuatan minyak secara alami

Saya ngak tahu apa nama biji yang dibuat untuk dijadikan minyak.Minyaknya harum.Satu botol 400 NTs.3 botol 1000 NTs

 lagi menunggu penumpang

Sekali naik,3 orang 100 Taiwan.Berjalan sepanjang taman ini.Taman yang cukup luas,dan dipenuhi pohon-pohon disepanjang jalan.

Unik ya...

seperti sosis,tapi rasa kopi

Wah,biasanya diIndo didalamnya adalah daging babi,tapi yang ini ditambah rasa kopi.Dipanggang…saya coba satu…Lumayan…enak dan harum.

Music dan Tarian

Saya ngak tahu pasti,kelompok ini berasal dari mana.Mirip juga dengan penduduk asli Taiwan,tapi sedikit mirip tarian dan nyanyian suku Hindian.

lapangan luas untuk bermain

Ada beberapa lapangan luas,buat bermain,duduk santai diatas rerumputan hijau,ataupun melihat anak-anak bermain layang-layang,bola dengan riangnya didampingi orang tua,saudara bahkan kakek dan nenek.Ada juga yang sibuk dengan baberque.tapi satu yang saya kagum,tak ada sampah yang berserakan.