oleh: Ann Landers

1. Hati-hatilah berbicara. Usahakan untuk tidak selalu menyampaikan apa yang ada pada pikiran anda. Gunakan nada yang normal. Bagaimana anda mengatakan sesuatu terkadang lebih penting daripada apa yang akan anda katakan.

2. Tepati janji. Apapun juga akibatnya dan apapun alasannya.

3. Carilah selalu kesempatan untuk dapat memuji/menghargai orang lain. Ucapkan selamat atas hasil kerja yang baik dari teman anda. Bila harus mengkritik, usahakanlah kritik yang membangun dan bukan menjatuhkan/menjelekkan orang lain.

4. Kembangkan rasa tertarik anda pada teman-teman anda. Cari tahulah mengenai keluarga, pekerjaan, hobi dsb. dari teman-teman anda. Ikutlah berbagai atas kebahagian orang lain dan turut merasakan kesedihan rekan yang sedang murung. Usahakan agar tiap orang mengetahui bahwa anda memperlakukan mereka sebagai individu yang spesial.

5. Bersikaplah riang. Jangan membuat orang-orang di sekitar anda mendengarkan keluhan, kekecewaan dan kesusahan anda saja. Ingatlah bahwa setiap orang mempunyai masalah juga.

6. Terbukalah. Lakukan diskusi, tapi bukan berdebat tanpa akhir. Adalah suatu pencapaian yang luhur bila anda dapat menyampaikan ketidak-setujuan anda tanpa harus bersikap keras kepala.

7. Biarkan orang lain mengetahui kebaikan diri anda dengan sendirinya. Tidak perlu membanggakan diri atau menjelekkan orang lain. Hindari gosip karena hanya akan membuang waktu anda dan dapat menghancurkan hubungan baik anda dengan orang lain.

8. Pekalah terhadap perasaan orang lain. Menceritakan lelucon

tentang seseorang bukanlah suatu hal yang bijaksana dan dapat merusak hubungan.

9. Tak perlu terlalu terbebani dengan omongan jelek tentang diri anda. Ingatlah bahwa mereka yang menceritakan keburukkan anda belumlah tentu seseorang yang dapat menilai anda dengan sangat obyektif. Memberikan reaksi yang berlebihan terhadap suatu kritikan justru akan makin menunjukkan kelemahan diri anda. Bersikaplah santai dan tunjukkan perilaku sebaliknya dengan sebaik mungkin sehingga omongan itu akan hilang dengan sendirinya.

10. Jangan sombong atas keberhasilan anda. Tetaplah selalu melakukan yang terbaik. Sukses akan lebih manis bila orang lain yang membicarakannya daripada diri anda sendiri.

Β Β  Semoga semua,memiliki tali persahabatan yang abadi!Β  πŸ˜†

Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β  “Salam hangat persahabatan dariku!”