Iseng-iseng, saya baca “orde baru”…mau lihat bagaimana  berita penyelesaian susu yang mengandung melamine di Cina ,lalu terbaca tips cara mudah mendeteksi susu beracun,saya tulis lagi disini,semoga biasa menjadi perhatian para orang tua,dan berharap tips ini  berguna buat masyarakat yang memiliki anak,saudara yang masih mengkonsumsi susu  formula,sehingga kejadian-kejadian mengerikan tidak terjadi…

Cara dibawah ini dilakukan bertahap akan dapat mendeteksi susu bubuk Anda apakah mengandung melamine atau tidak :

1. Tuangkan air panas kedalam susu bubuk yang lebih kental dari biasanya, lalu diaduk hingga tidak terlihat lagi gumpalan susu bubuknya, letakan kedalam lemari es hingga susu menjadi dingin.

2. Sepotong kain hitam diletakan diatas gelas kosong untuk menyaring.

3. Tuangkan susu yang telah dingin itu keatas kain untuk disaring.

4. Jika terlihat diatas kain ada benda beku berwarna putih, kemudian bilaslah dengan air bersih beberapa kali untuk menghilangkan benda-benda yang dapat larut hancur.

5. Jika ditemukan kristal putih, masukanlah kedalam air bersih, bila kristal tersebut tenggelam dalam air, maka kemungkinan besar adalah melamine, susu bubuk tersebut tidak layak dikonsumsi.

Catatan : kemungkinan susu bubuk yang mengandung melamine dalam jumlah sedikit, tidak dapat terdeteksi dengan cara tersebut di atas.