Kota I Lan atau Yi Lan (宜蘭) memiliki keindahan yang sangat fantastik.Dari Taepei ke Yi Lan kurang lebih 1 jam lebih (kalau tidak macet…).Yi Lan adalah penghasil daun Bawang yang terkenal,dengan kwalitas yang sangat baik,sehingga Daun bawang Yi Lan banyak diekspor ke Jepang.

               

 Kalau pergi jalan-jalan ke Yi Lan jangan lupa mencicipi,salah satu jenis makanan yang mirip roti,yang isinya daun bawang.Mmmm…terasa nikmat,harum dan mengungah selera sebagai makanan ringan, apalagi jika  ditambah sedikit cabe khusus….mmm…mmm…mmm…sulit diungkap dengan kata-kata.

               

Moa Ci dari Yi Lan sangan terkenal. (ngak ketemu bahasa Indonesianya he..he…salah satu makanan yang dibuat dari nasi yang ditumbuk-tumbuk sampai berbentuk seperti lem…kalau sudah tahu bahasa indonesianya ,saya akan tulis disini…).Isinya bermacam-macam ada,keladi,kacang hijau,kacang merah dan lain-lain.

                  

 Satu lagi makanan yang akan ,Yi lan ,suguhkan dan dapat dibawa sebagai oleh-oleh yaitu (Yasang)daging bebek yang diasinkan lalu dikeringkan,mempunyai proses pengasapan yang khas,dengan saus khusus,dengan menggunakan tebu sebagai kayu pengasapan,sehingga proses pengasapannya sempurna,kemudian dikeringan oleh angin.

 

Arti Ya Sang, Ya =bebek, Sang =menikmati barang yang baik,artinya dengan aroma khas dan baik dari Ya Sang,sangat layak dimakan berulang-ulang.

 

Yi Lan Forest Recreation Area ada salah satu tempat yang tak kalah menarik …sebuah taman…ditanami pohon yang rindang …rumput-rumput yang hijau tertata rapi  dan bunga-bunga yang indah berwarna-warni.

Di Yi Lan setiap tahun digelar Festival bunga…diatas adalah salah satu karya nyata …dibuat dari bermacam-macam bentuk,warna dan jenis bunga.Festivalnya sekitar maret sampai  Mei .

                                                                                                          

Keindahan alam di Yi Lan belum lengkap jika kita belum melihat panoroma air mancur ,yang begitu indah  …gemericik air…ketenangan alam ,bunyi-bunyi jangkrik…menghadirkan suatu nada yang mampu  menentramkan jiwa manusia.

 *LAUTAN LEPAS,KAPAL DAN LUMBA-LUMBA

Di Tepi pantai..disana banyak KAPAL-KAPAL kecil yang siap mengantarkan kita melihat LUMBA-LUMBA memperlihatkan kebolehan dan aksinya dilaut lepas.

                       

Daya tarik yang tak kalah menarik di Yi Lan adalah PULAU KURA-KURA.Kapal-kapal akan mengantarkan kita kesana…wah pemandangan yang sangat luar biasa….lautan luas…langit biru…kapal-kapal nelayan dengan layar-layarnya…angin sepoi-sepoi seakan-akan alam  sangat bersahabat dan kedamaian serasa pelan-pelan menyelinap kedasar sanubari.

Dari kejauhan pulau kura-kura sudah kelihatan.Luar biasa…benar-benar hebat…sebuah pulau yang bentuknya mirip seekor kura-kura .Keindahan yang paling dinantikan orang di Pulau Kura-Kura adalah menunggu terbenamnya matahari.

 

 

Sehari sudah perjalanan kita…sebenarnya masih banyak tempat-tempat yang menarik di Yi Lan,lain waktu saya akan kesana lagi…karena hari ini  matahari mulai menguning…pelan-pelan pulang keperaduannya…kita juga akan pulang ketempat masing-masing… 

                 

 

*Yeliou Geopark dan Pasar Malam Keelung

Kalau masih belum terlalu senja jangan lupa ke Yeliou Geopark.Antara kota keelung dan kota Yi Lan(di Kota Keelung,paling terkenal pasar malamnya…pasar malam yang buka setiap malam dan paling panjang di Taiwan…. mampir disini menikmati makan malam atau sekedar shopping untuk oleh-oleh) .

      

Atau dari Yi Lan langsung ke desa Yeliou .Disini kita dapat melihat  sebuah taman ,dengan perpaduan keindahan alam yang begitu menarik,pasir,pantai,langit biru,kapal-kapal nelayan dengan batu-batu  berbentuk jamur ,hasil bentukan alam melalui abrasi air laut, kikisan angin dan terpaan sinar matahari tanpa campur tangan manusia sehingga menjadi sebuah pemandangan yang sangat fantastik,menarik dan unik.

Penamaan batu-batu diberikan berdasarkan kemiripan dengan barang misalnya diberi nama batu jahe ,batu jamur,batu lilin.Dari banyak jenis yang paling terkenal adalah salah satu  batu yang mirip sekali dengan kepala Ratu Inggris dengan kebesarannya sehinga diberi nama Queen’s Head.      

  

 

 SEMOGA REKREASI KALI INI MENYENANGKAN!Dan jadikan hidupmu  lebih berarti ! 🙂 🙂 🙂