Dari kemarin-kemarin mau nulis tentang Ginseng karena aku sudah merasakan manfaatnya.Setidaknya menjelang pergantian musim,seperti saat ini,daya tahan tubuh kita biasanya kurang stabil,karena sebentar panas sebentar dingin,tapi setelah mengkomsumsi ginseng daya tahan tubuh saya jauh lebih baik dan fit.Ini Bukan promosi loh… ,karena saya bukan penjual Ginseng 😛

 

                       

Nama “GINSENG” diambil dari bahasa Inggris, yang dibaca mengikuti lafal bahasa Kanton,”JEN SHEN”, yang dalam bahasa Mandarin dibaca “REN SHEN”, , yang berarti duplikat manusia, karena bentuk akarnya yang kerap menyerupai manusia.PANAX dalam bahasa Latin yang bermakna penyembuh sempurna bagi semua penyakit.

Sejarah ginseng tidak dapat dipisahkan dari Negara Korea dan sudah dimulai sekitar 4000 tahun yang lalu. Ginseng di Korea telah dimanfaatkan sebagai obat sejak abad ke-6. Korea juga telah menjadi negara penghasil dan pengekspor Ginseng yang cukup besar di dunia, sehingga ia dinamakan sebagai “NEGARA GINSENG”.

Ginseng sering disebut RAJA SEGALA OBAT. Nilainya dianggap lebih tinggi . Banyak jenisnya (tapi tidak saya sebutkan karena kita bisa, langsung menayakannya di toko obat cina jenis-jenis dan khasiat Ginsengnya) , banyak pula khasiatnya. Paling tenar sebagai obat penguat (tonik).Ginseng juga mujarab untuk :

~meredakan stres, 

~ untuk mengurangi kelelahan,

~meningkatkan stamina,

~memperbaiki kondisi mental,

~meningkatkan pengeluaran cairan tubuh,

~dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah ,

~mencegah diabetes 

~ menguatkan fungsi limpa,

~menguatkan sistem pencernaan

~ mencegah iritasi,

~membantu pemulihan dari penyakit

~ mengeluarkan racun.

~menguatkan fungsi jantung

~ mencegah  penyakit melalui organ pernafasan

Sedangkan khasiatnya memperpanjangkan umur atau mencegah penuaan dini,belum ada pembuktian.  Karena diyakini sebagai sumber energi itulah banyak atlet Korea yang memanfaatkan ginseng,sehingga mereka memiliki stamina yang kuat.

Orang Taiwan,Cina, Korea sebelum membuat masakan selalu dihubungkan dengan khasiat bagi kesehatan , sehingga orang Taiwan,Cina dan Korea banyak yang berumur panjang dan tetap sehat.

Cara menggunakan ginseng :

1.Tim atau rebus atau seduh menjadi teh.

   

2.Dimasak (ini lebih baik kalau di negara yang ada musim dingin sekalian sebagai makanan penghangat    juga sebagai penjaga stamina,kalau di Indonesia sekali-kali karena ginseng dianggap panas)

    Ayam,jahe diris tipis-tipis,arak masak sedikit,tambahkan beberapa ginseng(gambar no 1) atau beberapa keping ginseng(gambar no 2),penyedap rasa secukupnya,air secukupnya lalu ditim atau dimasukan kedalam satu mangkok kaca lalu dikukus (jangan pakai mangkok atau panci alumunium atau sejenisnya karena akan menghisap kuah shop ayam ginseng).

 

Ginseng tidak boleh dikonsumsi oleh :

 

1.Orang yang lagi panas dalam karena ginseng termasuk panas.

2.Orang yang baru opersi

  karena ginseng dapat merangsang pembentukan  darah  sehingga bisa menyebabkan pendaraan,pada bekas operasi yang belum kering.

 3.Orang yang lagi memberikan ASI

   Karena Ginseng dapat mengeringkan atau membuat  ASI berkurang.

Ada tambahan ?

 

Siapa tahu ada yang lebih tahu  banyak tentang ginseng!Untuk Saling berbagi… 😛