Gambar-gambar ini saya ambil dari internet China.

Saya tulis apa yang saya tahu,dengan pengetahuan seadanya yang saya miliki tentang virus ini,mudah-mudahan bisa berguna untuk mengantipasi,supaya semua bisa hidup sehat dan bahagia!Dan mungkin anda juga sudah pernah tahu tentang virus mengerikan ini!
Enterovirus 71 atau EV-71 diduga berasal dari negeri China. Pernah menggemparkan dan membuat masyarakat Taiwan kwatir.Virus satu ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui saluran pencernaan dan lantas beranak pinak di pangkal tenggorokan.

Virus ini bisa membuat gejala yang berbeda.
Gejala serangan enterovirus 71 sangat mirip gejala flu biasa,penyakit diawali dengan demam tidak tinggi 2-3 hari, diikuti nyeri tengorokan atau infeksi tengorokan , sulit makan dan minum karena nyeri akibat luka di mulut dan lidah. Kadang disertai sedikit pilek atau gejala seperti flu. Timbul vesikel yang kemudian pecah, luka dimulut seperti sariawan di sekitar lidah, gusi, pipi sebelah dalam, terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan. Bersamaan dengan itu timbul lepuh kemerahan kecil-kecil , papulovesikel yang tidak gatal ditelapak tangan dan kaki. Kadang-kadang juga bisa ada dibokong.
Gejala yang dianggap berat adalah suhu lebih dari 39℃ atau demam tinggi tidak turun-turun, denyut jantung sangat cepat , sesak, tidak ada nafsu makan dan minum, muntah atau diare dengan dehidrasi, badan sangat lemas, kesadaran turun atau kejang-kejang.
Anak usia 2 minggu sampai 5 tahun sering terkena infeksi virus ini, meskipun pada orang dewasa dapat juga terjadi

Kalo sudah membentuk sebuah koloni, maka tubuh manusia yang menjadi habitat barunya akan diserang habis-habisan melalui pembuluh darah. Akibatnya beberapa organ tubuh dan jaringan syaraf tidak mampu bekerja sebagaimana mestinya ataupun menyebabkan kematian. Bahkan, Implikasi virus ini bisa menyebabkan multi penyakit pada manusia.

Penyakit ini sangat menular dan sering terjadi dalam musim panas. Penularan yang paling cepat adalah disekolahan.
Virus ini mudah menular melalui kontak langsung dengan penderita.
*Jika batuk/filek gunakan masker penutup mulut.
*Jangan menggunakan gelas,sendok,piring secara bersama-sama.
*Hindari penggunaan handuk,tisu,ataupun barang lain yang dapat terjadi penularan.
*Sering-sering untuk mencuci tangan.

Penanganan penyakit ini tidak ada yang khusus, karena merupakan penyakit yang sembuh sendiri dalam 7-10 hari.Usahakan istirahat dengan cukup,berikan penurunan panas untuk mencegah deman tinggi atau menurunkan deman.Atau berikan Immunoglobulin IV (IGIV) pada pasien dengan daya tahan tubuh yang menurun seperti pada bayi,dan pemberian cairan cukup untuk dehidrasi.

Untuk menghindari terjangkit enterovirus71, hindari kontak dengan penderita dan biasakan berperilaku hidup sehat dan bersih .         

Ingat… “BERSIH PANGKAL SEHAT”