Hari ini chatting dengan seorang sahabat, katanya minta dicariin tulisan yang membahas asam urat, karena dia lagi disapa oleh asam urat….

“Jadi ingat deh sama salah satu mas cakep dan baik hati “pemilik blog kenuzi50. “, yang membahas tentang asam urat…saya posting disini supaya lebih tersebar informasi berguna ini dan kita semua terhindar dari asam urat.”

Dan siapa saja yang mengetahui info lain tentang asam urat, semoga bersedia berbagi disini…

Postingan berharga ini saya ambil dari blog kenuzi50. Thanks sobat buat info bermanfaatnya ini. :D

Bagi yang mau berterima kasih buat info ini jangan kesaya, tapi mampir keblog tulisan asli…saya hanya mengcopy info bermanfaat ini hehehehe…

Inilah hasil copy-annya hehehe…

Pengalaman memiliki kelebihan asam urat dalam darah tidaklah menyenangkan. Selain mengganggu kegiatan sehari-hari, persendian, terutama pergelangan kaki, pinggang atau lutut, terasa seperti ditusuk jarum.

Penumpukan kristal asam urat yang kronis pada persendian menyebabkan cairan getah bening yang berfungsi sebagai pelicin (lubricant) tidak berfungsi. Akibatnya, apabila persendian digerakkan akan terjadi gesekan kristal-kristal tersebut sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Asam urat merupakan kristal putih, tidak berbau, tidak berasa, mengalami dekomposisi dengan pemanasan menjadi asam sianida (HCN), sangat sukar larut dalam air, tapi larut dalam gliserin dan alkali.

Asam urat dihasilkan oleh setiap makhluk hidup akibat proses metabolisme utama yaitu, suatu proses kimia dalam inti sel yang berfungsi menunjang kelangsungan hidup. Proses dimulai dari makanan berupa karbohidrat, protein dan selulosa (serat) melalui siklus KREBS yang akan menghasilkan energi. Bila terjadi penyimpangan dalam proses ini, maka asam urat akan menumpuk.

Uji Asam Urat

Untuk memastikan kita terkena asam urat atau tidak dapat dilakukan pemeriksaan sebagai berikut :

1. Pemeriksaan kadar asam urat dalam darah : apabila kadar asam urat dalam darah pada laki-laki lebih 7 mg/dl dan pada wanita lebih dari 6 mg/dl, maka dikatakan menderita asam urat dengan resiko tinggi.

2. Pemeriksaan kadar urin per 24 jam : kadar asam urat dalam urin berlebihan bila kadarnya lebih dari 800 mg/24 jam pada diet biasa, atau lebih dari 600 mg/24 jam pada diet bebas purin.

3. Pemeriksaan cairan sendi, untuk melihat defosit kristal asam urat pada sendi yang mengalami peradangan.

Cara Hindari Asam Urat

Agar kita dan keluarga terhindar dari asam urat, ada baiknya mulai kurangi atau hindari makanan-makanan sebagai berikut :

1. Jeroan : usus, limpa, paru, hati, jantung dan otak.

2. Melinjo dan olahannya (emping)

3. Kacang-kacangan yang dikeringkan beserta olahannya seperti : kedelai, kacang tanah, kacang hijau, toge oncom, tempe dan tahu.

4. Makanan yang diawetkan : sarden dan kornet

5. Minuman beralkohol : bir, tape, ragi, tuak dan minuman hasil permentasi lainnya.

6. Makanan seafood : cumi-cumi, udang, kepiting, kerang

7. Kaldu/ekstrak daging.

8. Buah-buahan : nanas, durian, nangka

Obat tradisional Asam Urat

1. Sirsak dimakan atau di juice. Dikonsumsi setiap hari.

2. Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal satu gelas, diminum pagi dan sore.

3. Labu siam diparut kemudian di saring, diambil airnya diminum setiap hari.

4. Cuka apel yang sudah jadi di campur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan cuka apel plus air hangat lebih kurang 50 cc dan diminum selama satu minggu, pagi dan malam.

5. Kentang mentah dan apel malang di juice.