Kalau mau lihat peta lebih terang click sekali dipeta

Taiwan adalah sebuah negara dengan luas wilayahnya 36.000KM2. Jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan negara tercinta kita Indonesia. Taiwan yang dulunya negara agraria kini telah menjadi negera industri. Dalam bidang elektronik, negara Taiwan sudah maju dan kwalitasnya sudah diakui dunia. Taiwan sekarang sudah termasuk negara makmur.

3 etnik terbesar yang menjadi penduduk Taiwan saat ini adalah penduduk asli Taiwan (yen cun min), suku Hakka (Ke Cia Ren)dan suku pendatang dari daratan China(suku Ho Lo Ren).

Negara Taiwan adalah sebuah negara yang diapit oleh keindahan laut dan gunung. Ini yang ingin saya ulas di sini. Foto-foto di sini separuh adalah pic terbaru yang aku ambil saat kesana bulan april 2009, namun separuh lagi saya ambil dari internet Taiwan,

Setidaknya sahabat-sahabatku bisa mempunyai gambaran tentang pariwisata Negara Taiwan, seandainya kesini, bisa memilih tempat yang mana anda suka sesuai dengan keinginan anda.

Kali ini saya memilih satu tempat wisata yang mewakili wisata daerah pegunungan.

Alisan (阿里山) dalam peta, saya beri tanda merah segiempat. Gambar hijau itu adalah pegunungan dinegara Taiwan. Alisan terletak di Taiwan bagian Tengah.
Alisan /Gunung Ali (阿里山) dengan ketinggian 2274 meter.

Banyak orang menuju Gunung Alisan naik kereta Api. (Ini saya belum tahu berapa lama…dan berapa harganya…saya akan cari infonya…)

kereta api  menuju Alisan, pic diambil bulan april 2009

Alisan adalah salah satu tempat wisata yang sangat menarik di Taiwan.Tujuan utama tempat wisata, orang-orang Cina, Hongkong, ke Taiwan untuk pertama kali adalah Alisan.

Alisan seperti Bali, kalau di Indonesia. Alisan memiliki bermacam-macam keistimewaan, diantaranya, adalah :

*Penduduk asli Taiwan( Yen Cun Min,mirip suku Dayak di Indonesia) ada juga di Alisan.

* Pemandangan yang paling indah dan sangat menarik di alisan, salah satunya adalah MENANTI MATAHARI TERBIT. Suasana subuh menjelang pagi hari yang begitu indah. Warna keemasan yang memberikan nuansa kemegahan pelan-pelan mengantarkan mentari diufuk timur. Pelan-pelan memberikan kehangatan pada setiap pengunjung Alisan ,dalam suasana dingin gunung Alisan.

* PANTAI AWAN, begitu mempesona, awan-awan putih bagai kapas ataupun salju. Seakan-akan menyentuh kaki kita, kita seakan-akan berada di awan-awan ataupun khayangan seperti di filem-filem. Mimpi kali ya…tapi ini nyata! :P

pantai awan

* Kita juga bisa melihat indahnya BUNGA-BUNGA SAKURA yang sangat mempesona dan sangat indah disini (bukan hanya bisa dilihat di Negara Jepang…di Taiwan juga ada)Bunga Sakura bermekaran sekitar pertengahan bulan maret sampai pertengahan bulan April.

Ingat jika musim bunga sakura sebaikanya jangan hari sabtu atau minggu menuju kesana, karena sepanjang jalan akan dipadati kendaraan. Atau lebih baik naik kereta api.

bunga sakura di Alisan tahun 2009

bunga sakura april tahun 2009

*Kita juga dapat menikmati dan melihat KUPU-KUPU yang indah ,yang berbeda rupa dan warna dan memiliki keunikan-keunikan tersendiri,terbang kian kemari.

*Disini juga dapat kita saksikan bermacam-macam jenis BURUNG, bentuk, rupa dan warna yang unik serta indah.

*TEH HIJAU Alisan, adalah Teh yang paling terkenal keharumannya dan sangat diminati oleh penduduk Taiwan dan pengunjung dari negara lain.

*Banyak pohon-pohon tua seperti ini di Alisan. Namanya POHON DEWA (Sin Mu). Kalau mau merangkulnya, kurang lebih 20 orang baru bisa memelukanya…wuih…di Indonesia ngak ada kan?

*MAKANAN KHAS di Alisan adalah Arak yang dibuat dari beras (Mi Ciu), nasi +daging yang dimasukan kedalam batangan bambu.

Sambungan tentang tempat wisata yang lain akan saya lanjutin ditulisan selanjutnya!